MK Putuskan Terbuka

Sengketa informasi Agus Artadi dengan Perizinan Sleman

Ditulis oleh : Administrator | Rabu, 7 Desember 2016

ADA pemandangan berbeda dari sidang pembacaan putusan sengketa informasi antara Agus Artadi dengan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Sleman, Selasa (2/12).   Jika sidang lain relatif sepi peminat, kali ini justru sebaliknya.  Tercatat 10 orang pengunjung datang, mayoritas dari kalangan media massa. 

Para jurnalis sepertinya tertarik karena 2 hal: (i) materi sengketanya berupa informasi terkait perizinan pendirian hotel dan (ii) Majelis Komisioner pernah memanggil Bupati Sleman menjadi saksi.

Sidang digelar di Aula Diskominfo.  Pemohon hadir sendiri, sedangkan Termohon dikuasakan kepada Ishadi Zayid dan Purwati.  Sidang untuk menyelesaikan sengketa terkait Izin Gangguan (HO) pembangunan Hotel Premiere Inn Satoria itu dipimpin Martan Kiswoto selaku Ketua Majelis Komisioner (MK) didampingi Dewi Amanatun Suryani dan Warsono.  MK memutuskan untuk mengabulkan permohonan informasi yang diminta Pemohon.

‘’Pertama, mengabulkan  permohonan Pemohon untuk seluruhnya.   Kedua, menyatakan bahwa formulir pengajuan Izin Gangguan Hotel Premiere Inn Satoria yang ada kolom tanda tangan Pemohon dan surat pernyataan yang dibuat Alim Satria yang dipergunakan sebagai lampiran permohonan Izin Gangguan Hotel Premiere Inn Satoria merupakan informasi yang terbuka bagi Pemohon. Ketiga, memerintahkan kepada Termohon untuk memberikan foto kopi dokumen formulir pengajuan Izin Gangguan Hotel Premiere Inn Satoria dan surat keterangan yang dibuat Alim Satria dalam waktu 10 hari kerja sejak putusan ini berkekuatan hukum tetap,”  tegas Martan Kiswoto.  Putusan dibacakan secara bergantian oleh Martan, Dewi dan Warsono.

Usai pembacaan putusan, Ishadi mengaku belum dapat mengambil sikap karena akan dilaporkan dulu ke atasannya.  Ishadi datang didampingi Kabag Humas Sri Winarti selaku PPID Pemkab Sleman.  Di lain pihak, Agus Artadi berharap BPMPPT menerima putusan itu dan sesegera mungkin melaksanakannya.  (des)


Event

28 Sept
Peringatan HHUT Tahun 2017
Agenda/Event Komisi Informasi Daerah  Daerah Istimewa Yogyakarta   Hari / ...
28 Sept
Rapat Kerja Teknis Ke-7 Komisi Informasi se-Indonesia Tahun 2017
Agenda/Event Komisi Informasi Daerah  Daerah Istimewa Yogyakarta   Hari / ...
20 Sept
Rapat Monev dengan BP2KI
Agenda/Event Komisi Informasi Daerah  Daerah Istimewa Yogyakarta   Hari / ...