Lihat Semua

Damai, Disarankan Ajukan Gugatan Lagi

Ditulis oleh : Administrator | Kamis, 14 Juli 2016


SENGKETA informasi antara Djaswadi dengan Pengadilan Negeri (PN) Yogyakarta berakhir dengan kesepakatan damai.  Meski Pemohon awalnya sempat ragu menandatangani (kesepakatan damai), namun akhirnya bersedia setelah mendapat penjelasan dan saran dari Termohon.  Mediasi yang menghasilkan kesepakatan damai dilakukan Jumat 17 Juni 2016 di Ruang Rapat Diskominfo Lantai 2 atau berselang 3 hari setelah sidang pemeriksaan awal, sedangkan sidang pembacaan kesepakatan damai digelar Rabu (13/7) dipimpin Warsono dengan anggota Martan Kiswoto dan Suharnanik Listiana.

Sengketa diawali pengajuan permohonan informasi yang dilakukan Djaswadi terkait salinan atau foto kopi putusan PN Yogya No 87 Tahun 1965 dan foto kopi putusan No. 87 Tahun 1966 tanggal 27 Mei 1967.  Karena permohonan dan keberatan tidak ditanggapi, Pemohon mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi kepada Komisi Informasi DIY pada 30 Mei 2016.  Menyengketakan Ketua PN Yogyakarta, perkara itu diregistrasi dengan nomor 010/V/KIDIY-PS/2016.

Setelah menjalani mediasi dipimpin Hazwan Iskandar Jaya, Djaswadi mendapatkan keterangan bahwa dokumen yang diminta tidak berada dalam penguasaan PN Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya Berita Acara nomor W13-U1/2558/HK01.2/3/2016 tentang Pencarian dan Pendataan Arsip Berkas Perkara Perdata pada Kepaniteraan Hukum PN Yogyakarta.

Termohon menyarankan Pemohon untuk menempuh jalur hukum lain yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yaitu dengan mengajukan gugatan baru ke PN Yogyakarta.  

“Memerintahkan kepada Pemohon dan Termohon untuk menjalankan kewajibannya sebagaimana kesepakatan perdamaian tersebut,kata Warsono.  Sidang  dihadiri Pemohon, sedangkan Termohon dikuasakan kepada Satriyo Wiratmoyo.  Dalam pembacaan kesepakatan perdamaian itu Termohon menyatakan bersedia dan akan membantu membebaskan biaya perkara dan menyediakan pengacara secara gratis.

“Untuk salinan putusan, panitera kami akan memberikan paling lambat 3 hari kerja setelah putusan dibacakan. Karena putusan ini berdasarkan kesepakatan damai maka bersifat final dan mengikat, sehingga tidak ada upaya hukum lain yang bisa ditempuh oleh Pemohon dan Termohon,” jelas Warsono sebelum menutup persidangan.  (des)


Event