Lihat Semua

Lomba Cerdas Cermat Keterbukaan Informasi Komisi Informasi Daerah DIY Tahun 2018

Ditulis oleh : Administrator | Jumat, 6 April 2018

" Hari Keterbukaan Informasi Nasional (KIN) dideklarasikan di Gedung Joang 45 Menteng, Jakarta, pada Kamis (30/5). Deklarasi digelar dalam rangkaian acara “Lima Tahun Pemberlakuan UU KIP dan Deklarasi Hari Keterbukaan Informasi Nasional” yang diselenggarakan Komisi Informasi Pusat (KIP). Deklarasi yang dipimpin oleh Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono tersebut diikuti oleh ketua/perwakilan Komisi Informasi (KI) Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, para pejabat Kementerian dan Lembaga (KL), para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), serta organisasi masyarakat sipil "

Kutipan diatas merupakan Hari dideklarasikannya Hari Keterbukaan Informasi Nasional yang jatuh setiap tanggal 30 April. Tahun ini Komisi Informasi Daerah DIY menyelenggarakan LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) dengan mengangkat tema: “Prospek dan Tantangan Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia”. Sasaran LCC ini adalah generasi muda, yaitu para siswa/siswi dari SMA/SMK/MA se DIY dengan ketentuan sebagai berikut:

KETENTUAN UMUM:

  1. Peserta merupakan siswa aktif SMA/SMK/MA atau yang sederajat untuk kelas 10, 11 dan/atau kombinasi kelas 10 dan 11 dari seluruh Kabupaten/Kota Se DIY  yang dibuktikan dengan Surat Tugas dari Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  2. Surat Tugas dari Kepala Sekolah mencantumkan Nama Siswa, Kelas, Nomor Induk Siswa dan ditempeli pasfoto dari masing-masing siswa.
  3. Peserta merupakan satu tim kelompok peserta berjumlah 3 (tiga) siswa/siswi dan setiap peserta memiliki  satu guru pendamping dari satu sekolah.

KETENTUAN KHUSUS

Lomba Cerdas Cermat ini akan dibagi dalam 3 (tiga) babak dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. BABAK PENYISIHAN
  1. Pada babak penyisihan ini setiap kelompok (tim) peserta wajib mengirimkan naskah artikel/esai dengan tema utama: “Prospek dan Tantangan Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia”. Setiap tim dapat mengangkat sub tema berikut ini:
  1. Prospek dan Tantangan Keterbukaan Informasi Publik Perspektif Pendidikan
  2. Prospek dan Tantangan Keterbukaan Informasi Publik Perspektif Pelayanan Publik
  3. Prospek dan Tantangan Keterbukaan Informasi Publik Perspektif hukum
  4. Prospek dan Tantangan Keterbukaan Informasi Publik Perspektif kesehatan

Catatan: lebih disukai bila memasukkan unsur kearifan lokal

  1. Artikel/Esai yang dibuat harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb.   
  2. Esai terdiri atas halaman judul, daftar isi, pendahuluan (latar belakang dan tujuan), isi (pembahasan dan analisis), konklusi (kesimpulan/penutup), daftar pustaka, serta lampiran (jika ada). 
  3. Jumlah halaman yang diperkenankan untuk setiap esai adalah minimum 5 halaman dan maksimum 10 halaman. Jumlah halaman tidak termasuk cover dan daftar referensi. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan dapat mengurangi penilaian.  
  4. Sistematika penulisan esai adalah menggunakan 1,5 spasi, margin 4 + 4 + 3 + 3 cm, huruf Time New Roman size 12.
  5. Deadline pengumpulan artikel/esai tanggal 10 April 2018 pukul 23.59 WIB.
  6. Seluruh karya yang diterima panitia akan dipilih 5 (lima) karya tim terbaik oleh dewan juri untuk mewakili masing-masing Kabupaten/Kota menuju Babak Semifinal
  7. Karya dikirim dalam bentuk softcopy dengan format .pdf dan nama file : Nama Ketua Tim, Asal Sekolah_Tim, dan_Judul Esai
  8. Seluruh berkas dikirimkan kepada panitia ke alamat email cerdascermatkiddiy@gmail.com  Pada subjek email dituliskan :  Nama Ketua Tim   Asal Sekolah   Judul Esai
  9. Pengumuman 5 karya terbaik untuk masing-masing Kabupaten/Kota akan diberitahukan pada hari jumat tanggal 13  April 2018.

 

  1. BABAK SEMI FINAL
  1. Babak Semi Final akan dilaksanakan pada tanggal 21 April 2018 berbarengan dengan peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN).
  2. Masing-masing Tim Peserta wajib mengikuti Technical Meeting pada tanggal 16 April 2018.
  3. Pada Babak Semi Final ini, 5 tim peserta yang mewakili kabupaten/kota wajib menjawab 50 soal pilihan ganda yang diberikan oleh Dewan Juri.
  4. Dewan Juri akan memilih dan menentukan 1 (satu) tim peserta untuk masing-masing mewakili Kabupaten/Kota dengan nilai tertinggi ( 5 (lima) tim peserta mewakili Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta).
  5. Tim peserta yang masuk 5 besar yang mewakili masing-masing Kabupaten/Kota akan memperoleh: Piala + Sertifikat yang akan diserahkan pada saat Babak Final.

 

  1. BABAK FINAL
  1. Babak Final akan dilaksanakan di studio TVRI Yogyakarta pada tanggal 24 April 2018.
  2. Masing-masing Tim Peserta wajib mengikuti Technical Meeting pada tanggal 16 April 2018.
  3. Detil mekanisme Lomba Cerdas Cermat akan dijelaskan pada saat Technical Meeting.

 

Hadiah Lomba Cerdas Cermat Keterbukaan Informasi Publik tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2018 di KID DIY adalah sebagai berikut:

  • Juara I  : Trophy + Sertifikat + uang tunai sebesar Rp  2.000.000,00
  • Juara II  : Trophy + Sertifikat + uang tunai sebesar Rp 1.500.000,00
  • Juara III : Trophy + Sertifikat + uang tunai sebesar Rp 1.000.000,00 
  • Juara Harapan I :  Trophy + Sertifikat
  • Juara Harapan II : Trophy + Sertifikat

Informasi selengkapnya mengenai Lomba Menulis Esai SMA/SMK/MA/Sederajat Nasional 2018 di KID DIY silakan melihat website dan media sosial KID DIY atau menghubungi no HP penyelenggara.

Sekretariat KID DIY : Gedung Diskominfo Lantai 2, jl.brigjend katamso,mergangsan,yogyakarta

Telp : (0274) 374289

Contact Person :1.Suharnanik Listiana,S.Sos (+6285743914929) 2.Rahmat Soetopo,SE (+6281253096486)

Facebook : komisiinformasidiy

Twitter : kid_diy

Instagram : kid_diy


Event