Sosialisasi Basis Keterbukaan Informasi Kapanewon Cangkringan

image

Rabu, 19 Oktober 2022, 09:18 WIB


Selasa (18/10) Komisi Informasi Daerah DIY menyelenggarakan Sosialisasi Basis Keterbukaan Informasi Publik tahun 2022 yang dilaksanakan di Kapanewon Cangkringan Kabupaten Sleman.  Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan keterbukaan informasi publik seperti yang termuat dalam UU No. 14 tahun 2008 serta mendorong Badan Publik di tingkat Kalurahan supaya membentuk PPID di tingkat Kalurahan.

Acara dibuka oleh Pembawa acara dilanjutkan sambutan oleh Panewu Kapewon Cangkringan Djaka Sumarsono, AP., M.Si, dilanjutkan Sambutan dari Dinas Kominfo Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Kepala Bidang IKP Noor Hidayati Zakiyah Pramulani, S.Sos, M.Si dan diteruskan oleh perwakilan dari KID DIY Ir. Rudy Nurhandoko, M.S.i Komisioner KID DIY Bidang Kelembagaan dan dihadiri oleh 5 Kalurahan yang ada di Kapanewon Cangkringan dari Unsur Carik, Jagabaya, Kamituwa, Danarta, dan Karang Taruna.

Kegiatan ini sendiri dimoderatori oleh Erniati, S.I.P., M.H sekaligus memberikan materi mulai dari perkenalan Komisi Informasi, urgensi PPID Desa, dasar hukum, kewajiban badan publik, penyelesaian sengketa informasi dan lain sebagainya. Sebelum memulai materi, Erniati mengajak para peserta melakukan game terlebih dahulu agar para peserta tetap rileks agar kegiatan bisa menyenangkan dan tidak membosankan.

Selain itu Ir. Rudy Nurhandoko, M.Si sekaligus pemateri yang kedua pada hari ini, mengatakan bahwa “ tahun lalu yang mendapatkan apresiasi itu di daerah Wates, semoga tahun ini Sleman dan salah satunya Kapanewon Cangkringan bisa mendapatkan apresisasi desa dengan cara meningkatkan keterbukaan informasi publik”. Pemerintah desa badan publik memiliki kewajiban melaksanakan pelayanan informasi publik desa.

Sehingga diharapkan badan publik yang ada di desa harus memiliki mekanisme memperoleh informasi atau permohonan informasi publik desa, sehingga masyarakat bisa mengakses informasi secara mudah dan dapat diakses oleh siapa saja.

logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 137
Total: 74721
Pengunjung Online: 4