Penguatan PPID Pelaksana Kabupaten Bantul

image

Rabu, 21 Februari 2024, 16:06 WIB


Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar acara Penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada hari Senin, 21 Februari 2024. Peserta kegiatan ini seluruh PPID pelaksana Se Kabupaten Bantul. Acara ini juga dihadiri oleh komisioner Komisi Informasi Daerah (KID) DIY Wawan Budiyanto, S.Ag.,M.S.I., Sekretaris Daerah Bantul Agus Budiraharja,SKM.,M.Kes, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bantul Bobot Ariffi' Aidin, S.T., M.T., dan dimoderatori oleh Kepala Bidang PIKP Kominfo Bantul Arif Darmawan, S.STP.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Bantul, Agus Budiraharja,SKM.,M.Kes, menggarisbawahi pentingnya keterbukaan informasi sebagai bentuk akuntabilitas kepada masyarakat. Dari data dari Komisi Informasi Daerah (KID) DIY, baru sekitar 54,39% Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bantul yang telah mencapai tingkat informatif. Meskipun terjadi peningkatan dari tahun ke tahun, dengan jumlah OPD yang informatif meningkat dari 8 pada tahun 2020 menjadi 31 pada tahun 2023, masih ada 3 OPD yang belum memenuhi standar. Sekretaris Daerah berharap agar semua OPD dapat meningkatkan kualitasnya dengan tetap mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, narasumber dari KID DIY Wawan Budiyanto, S.Ag.,M.S.I., mengulas hasil evaluasi Monitoring dan Evaluasi (Monev) keterbukaan informasi di tahun 2023. Beberapa catatan dari tim penilai meliputi kurangnya komitmen badan publik, kurang optimalnya koordinasi internal, dan perlu ditingkatkannya pemahaman terhadap tata kala yang sudah disosialisasikan sebelumnya.

Wawan juga memaparkan rencana Monev di tahun 2024, yang meliputi indikator seperti sarana prasarana, kualitas informasi, jenis informasi, komitmen organisasi, inovasi dan strategi, dan digitalisasi. Ia menekankan pentingnya kelengkapan dan kualitas informasi di website badan publik sebagai variabel penting dalam penilaian tahun ini.

Acara kemudian diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber, yang memberikan ruang bagi pertukaran gagasan dan pemahaman yang lebih dalam mengenai upaya penguatan keterbukaan informasi di Kabupaten Bantul. Semoga dengan adanya acara ini, kualitas pelayanan publik di Kabupaten Bantul dapat terus meningkat untuk kepentingan masyarakat.

logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 10
Total: 74271
Pengunjung Online: 6