Bimtek PPID Kalurahan Kapanewon Depok

image

Rabu, 16 Agustus 2023, 08:57 WIB


Rabu, 15 Agustus 2023, Dinas Komunikasi dan Informatika DIY kembali menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) yang fokus pada Pengelolaan Informasi Publik Daerah (PPID) pada Kalurahan. Masih di wilayah Kabupaten Sleman, kali ini bimtek bertempat di kapanewon Depok yang sehari sebelumnya bertempat di Kapanewon Tempel. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta kualitas pelayanan informasi publik kalurahan kepada masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut pejabat di lingkup kapanewon Depok, PPID Kalurahan di wilayah kapanewon Depok, serta dua narasumber Dr. Hj.Yuni Satia Rahayu,S.S., M.Hum dari DPRD DIY dan Erniati,S.I.P., M.H. Komisioner KID DIY Bidang PSI.

Pada Sesi pertama, Yuni membahas tentang Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan bagaimana regulasi ini diterapkan di tingkat daerah, termasuk di Kapanewon Depok Sleman. Yuni juga menjelaskan tata cara permohonan informasi, proses banding, serta pentingnya transparansi dalam pelayanan publik.

”masukan input baik ke kapanewon ataupun kelurahan cukup menggunakan media sosial karna itu yang diharapkan ada di depok maupun kalasan, dan selalu memantau media sosial yang ada karna di Indonesia ini media sosial banyak macamnya” ujar yuni dalam penyampaian materinya.

Selanjutnya pada sesi kedua, Erniati membahas praktik terbaik dalam pengelolaan informasi publik di daerah. Erni menyampaikan tentang kewajiban Pemerintah Desa/Kalurahan dalam pelayanan informasi publik desa/kalurahan, serta bagaimana membangun hubungan yang baik antara PPID dengan masyarakat serta media.

”penyampaian informasi kepada masyarakat minimal melalui papan pengumuman atau melalui website resmi namun masyarakat tidak hanya mengakses itu saja tetapi juga melalui media sosial sehingga pelayanan informasi tidak hanya papan pengumuman dan website” tutur beliau

Kegiatan ini juga mencakup diskusi panel yang melibatkan kedua narasumber, di mana peserta dapat mengajukan pertanyaan langsung dan berinteraksi untuk memperdalam pemahaman mereka tentang pengelolaan informasi publik.

Pemerintah Kapanewon Depok Sleman berharap melalui Bimtek ini, PPID Kalurahan yang ada di wilayahnya dapat menerapkan praktik terbaik yang dipelajari untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan akses masyarakat terhadap informasi publik. Dengan demikian, diharapkan pula partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pengambilan keputusan di tingkat kecamatan dapat semakin meningkat.



logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 29
Total: 80259
Pengunjung Online: 3