SOSIALISASI BASIS KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK KALURAHAN DI KALURAHAN GIRIPURWO

image

Kamis, 17 Agustus 2023, 11:46 WIB


Kamis 16 Agustus 2023, Komisi Informasi Daerah DIY mengadakan Sosialisasi Basis yang berfokus pada keterbukaan informasi publik di Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Acara ini merupakan inisiatif penting dalam upaya memperkuat transparansi dan partisipasi masyarakat di tingkat Basis.

Dengan mengambil tema "Sosialisasi Basis Keterbukaan Informasi Publik", kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada warga masyarakat mengenai hak mereka dalam mengakses informasi publik serta pentingnya transparansi dalam menjalankan pemerintahan. 

Wakil Ketua KID DIY Agus Purwanta,S.K.M yang juga sebagai narasumber, mengatakan “ bahwa informasi itu harus sudah ada dan dibuat dalam bentuk Daftar Informasi Publik di kalurahan, jadi jika ada yang ingin melihat informasi tinggal di lihatkan dan diberikan langsung jadi tidak perlu menunggu lurah ataupun carik.”

Beberapa poin utama yang diangkat dalam acara tersebut yaitu: Pendekatan Interaktif: Sosialisasi dilakukan secara interaktif dengan melibatkan warga dalam diskusi, pertanyaan, dan jawaban. Hal ini memastikan bahwa peserta benar-benar memahami materi yang disampaikan dan dapat berpartisipasi aktif. Penjelasan Undang-Undang: Peserta diberikan penjelasan mendalam mengenai Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pemaparan ini mencakup aspek-aspek hukum dan dampak positif dari penerapan keterbukaan informasi. Prosedur Permohonan Informasi: Selain memberikan informasi mengenai hak akses informasi, peserta juga diberikan panduan praktis dalam mengajukan permohonan informasi kepada lembaga pemerintah. Langkah-langkah ini termasuk waktu yang diperlukan dan format permohonan yang benar. Studi Kasus Lokal: Dalam rangka memberikan pemahaman yang lebih nyata, acara ini juga menghadirkan studi kasus terkait informasi publik yang relevan dengan wilayah Kalurahan Giripurwo. Hal ini membantu peserta memahami bagaimana informasi dapat berdampak pada pembangunan lokal. Partisipasi Aktif: Selama sesi diskusi, peserta diajak untuk berbagi pandangan, pertanyaan, dan masukan terkait keterbukaan informasi dan tata kelola pemerintahan di wilayah mereka. Ini merangsang partisipasi aktif dan pengembangan gagasan.

Diharapkan bahwa melalui kegiatan ini, kesadaran masyarakat Kalurahan Giripurwo terkait pentingnya akses informasi dan peran mereka dalam mengawasi pemerintahan setempat dapat meningkat. Sosialisasi ini juga berkontribusi dalam membangun fondasi yang lebih kokoh untuk transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi dalam tata kelola pemerintahan di tingkat basis.

logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 29
Total: 80259
Pengunjung Online: 3