Workshop Pejabat Pengelola Infomasi dan Dokumentasi (PPID) untuk Kalurahan di Kabupaten Sleman

image

Kamis, 20 Januari 2022, 17:58 WIB


Rabu 19 Januari 2022, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman mengadakan Workshop Pejabat Pengelola Infomasi dan Dokumentasi (PPID) Kalurahan kepada 42 Kalurahan dari 86 Kalurahan di Kabupaten Sleman yang belum membentuk PPID Kalurahan. Workshop diadakan di Aula Lantai 3 Sekda Kabupaten Sleman. Acara dibuka oleh Bapak Eka Suryo Prihantoro Kepala Dinas Kominfo Kab Sleman dilanjutkan pengarahan oleh Bapak Samsul Bakri Kepala Dinas PMK Kab Sleman.

Komisioner KID DIY Bidang ASE Sri Surani, SP yang pada acara tersebut sebagai pemateri menjelaskan mengenai Keterbukaan Informasi Publik di tingkat Kelurahan serta tata cara pembentukan PPID di tingkat Kalurahan. Beliau menegaskan Kalurahan/Desa disebut juga sebagai Badan Publik karena Kalurahan sebagai Instansi penyelenggara negara yang menggunakan sebagian atau seluruhnya anggarannya dari APBD. Oleh karena itu wajib melaksanakan Keterbukaan Informasi kepada Masyarakat sesuai dengan UU No.14 Tahun 2008. 

Di Kabupaten Sleman sendiri pedoman untuk melaksanakan Keterbukaan Informasi di Kalurahan sudah ada regulasi Hukumnya  dengan terbitnya Peraturan Bupati Kabupaten Sleman Nomor 39 Tahun 2020 Tentang Pedoman Standar Layanan Informasi Publik Kalurahan.

Dengan adanya Keterbukaan Informasi Publik di tingkat Kalurahan dapat mendorong peran Masyarakat untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan di Kalurahan/Desa. Selain itu, dengan adanya Keterbukaan Informasi akan menghilangkan prasangka negatif terhadap pelaksanaan kegiataan di Pemerintah Kalurahan/Desa.

Acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 21
Total: 21575
Pengunjung Online: 2