Sekolah Keterbukaan Informasi Kalurahan

image

Senin, 19 Agustus 2024, 11:36 WIB


Senin (19/08/2024) Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar acara Sekolah Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan di ruang Rapat Manunggal Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara tersebut dilakukan hybrd secara daring dan luring dengan peserta dari perwakilan Kalurahan setiap kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan mengikuti pelaksanaan Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi Tahun 2024.

Acara dibuka oleh Erniati,S.I.P.,M.H. Ketua KID DIY dilanjutkan Pemaparan materi oleh Akhmad Nasir, S.Sos. Komisioner KID DIY Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi.  Terdapat dua topik yang disampaikan yakni, mengenai Standar Pelayanan Informasi Publik berbasis Kalurahan dan Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi. 

Pada topik yang pertama dijelaskan mengenai Standar Pelayanan Informasi Publik yang harus dilakukan oleh setiap Kalurahan yang ada di DIY. Setiap kalurahan bisa disebut informatif apabila sudah menerapkan beberapa standar yang sudah ditetapkan berdasarkan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Layanan informasi Publik Desa. 

Topik pembahasan yang kedua adalah mengenai Monitoring Evaluasi Keterbukaan Informasi. Monev merupakan salah satu tugas dari Komisi Informasi Daerah DIY, kemudian disampaikan beberapa Indikator Penilaian Monev berdasarkan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik kepada peserta. Acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dengan para peserta mengenai materi Sekolah Keterbukaan Informasi Publik.

logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


KONTAK


 Email: kiddiy@jogjaprov.go.id

 Email: kiprovdiy@gmail.com

Telepon:(0274) 374289

Komisi Informasi Pusat RI
Facebook KID - DIY
Twitter KID - DIY
Instagram KID - DIY
Youtube KID - DIY


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 58
Total: 94812
Pengunjung Online: 4