Kick Off Monev Keterbukaan Informasi Badan Publik DIY Tahun 2024

image

Kamis, 18 Juli 2024, 06:07 WIB


Pada Kamis (18/07/2024) Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar acara Kick Off Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik Se-DIY tahun 2024 yang diselenggarakan di ruang Bappeda B, Kompleks Kepatihan, Danurejan, Yogyakarta dan disiarkan secara langsung di kanal youtube KID DIY.

Ketua Komisi Informasi Daerah DIY memaparkan bahwa “Persiapan Monev tahun 2024 ini telah kami lakukan sejak beberapa bulan yang lalu dengan melakukan koordinasi dengan stakeholders dan pencermatan terhadap peraturan Komisi Informasi nomor 1 Tahun 2022 tentang monitoring dan evaluasi keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Daerah DIY nomor 04 Tahun 2021 tentang pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik.

Kegiatan ini dilakukan agar dapat merumuskan metode dan indikator yang sesuai dengan ketentuan dan kemudian dapat dijadikan sebagai dasar untuk menyempurnakan aplikasi Monev sebagai tools yang akan digunakan dalam kurun waktu,badan publik akan mengisi SAQ untuk dinilai oleh tim yang telah dibentuk dan juga akan dilakukan uji akses untuk  menilai pelayanan di badan publik serta penilaian kualitas informasi badan publik melalui website dan medsos badan publik.

Pelaksanaan Monev keterbukaan informasi pada Badan Publik Se-DIY 2024 berlangsung dari Juli hingga Desember. Berakhirnya Monev akan dilakukan dengan pemberian penghargaan atau apresiasi, yang diharapkan dapat dihadiri oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Acara ini bertujuan memberikan arahan tentang pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di setiap Badan Publik DIY.

Pada sambutannya Drs. Benny Suharsono M.Si. selaku Sekretaris Daerah, DIY. Memaparkan bahwa “Hadirnya tim monev nanti harapannya dapat hadir yang membawa kebahagiaan. Sudah menjadi kewajiban badan publik memberikan informasi secara terbuka dan bertanggung jawab, harapannya 383 badan publik di DIY itu menuju ke informatif.”

Selanjutnya memasuki puncak acara yakni seremonial pembukaan Kick Off Monev keterbukaan Informasi Badan Publik Se-DIY tahun 2024 yang ditandai dengan Visual Countdown pembukaan  gembok sebagai lambang keterbukaan Informasi Informasi Publik, Pemberian merchandise dan diakhiri dengan foto bersama.


logo

Komplek Dinas Komunikasi dan Informatika DIY Lantai II - Jln. Brigjen Katamso Komplek THR, Mergangsan, Yogyakarta 55152


STATISTIK PENGUNJUNG


Hari ini: 244
Total: 89581
Pengunjung Online: 7